Selasa, Maret 31, 2020
Home > Tak Berkategori > Bupati Donggala Resmikan Desalinesi Dusun Kulolu Kelurahan Ganti Kec. Banawa

Bupati Donggala Resmikan Desalinesi Dusun Kulolu Kelurahan Ganti Kec. Banawa

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH, kembali melaksanakan audiens dengan masyarakatnya di Dusun Kulolu Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa. dalam audiens itu, Bupati Donaggala meresmikan sejumlah proyek fisik diantaranya sarana air bersih, (Desalinas) yang dibangun Pemkab Donggala tahun 2015 lalu. Dalam sambutannya, Bupati Donggala Kasman Lassa menyampaikan, realisasi 15 pilar pada kepemimpinannya yang berbasis kerakyatan, sebagai penjabaran dari Visi-Misi Pemkab Donggala 2014-2019.

Sarana air bersih desalinasi yang melalui, proses penyulingan air laut menjadi air tawar, yang diresmikan di Dusun Kulolu, menurutnya adalah bagian dari realisasi 15 pilar. Bupati Donggala menjelaskan, sarana air bersih itu dibangun guna menjawab kebutuhan masyarakat di Dusun Kulolu. karena selama ini, untuk mendapatkan air bersih, masyarakat harus menunggu suplai dari mobil tangki, atau mengambil di daerah lain.

“Dengan adanya sarana air bersih desalinasi ini, masyarakat di Dusun Kulolu, tidak lagi harus menunggu suplai dari mobil tangki atau harus menempuh perjalanan jauh membawa jerigen untuk mendapatkan air bersih,” ungkapnya. Bupati Donggala menegaskan, sarana air bersih desalinasi kini menjadi milik seutuhnya masyarakat Dusun Kulolu. Sumber air yang dihasilkan harus dijaga dan dipelihara agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan hidup.

Lanjut Bupati Kasman menerangkan, sarana dan prasarana air bersih desalinsi yang siap dikomsumsi itu, perlu dikelola secara optimal Masyarakat Dusun Kulolu, sudah harus segara memusyawarahkan, siapa diantara warga Dusun yang akan bertanggung jawab dan membentuk ke sebuah kelompok pengelola sarana air bersih. Pengelolaan Desalinasi, dapat memfungsikan Desalinasi menjadi sarana pengemban usaha yang dapat membiayai operasional secara mandiri.