Selasa, Maret 31, 2020
Home > Tak Berkategori > Wakil Bupati Donggala Meninjau Kondisi Pasar Malonda di Kel. Ganti

Wakil Bupati Donggala Meninjau Kondisi Pasar Malonda di Kel. Ganti

Jumat 15 januari 2016 pekan kemarin, Wakil Bupati Donggala Vera Elena Laruni SE, menjambangi pasar tradisional malonda yang berada di Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa. Kehadirannya di pasar unggulan Kota Donggala itu, untuk melihat aktifitas serta kondisi pasar, termasuk bersilahturahim dengan pedagang, termasuk pengunjung.

Kehadiran, Wabup di pasar itu, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Donggala Ny Indotang K Lassa SSos, serta sejumlah pegawai dari Bagian Humas Sekretariat Kabupaten Donggala. Termasuk juga turut mendapingi adalah, beberapa pegawai dari dinas Perdagangan dan Perekonomian, UMKM Kabupaten Donggala.

Ketika tiba di pasar itu, Wabup bersama rombongan, disambut begitu antusias oleh sejumlah pedagang dan masyarakat pengunjung pasar. Bahkan, kedatangan Wabup merupakan momen tepat bagi mereka yang beraktifitas di pasar. Selain bisa lebih dekat, warga pasar dapat menyampaikan langsung keluhan mereka mengenai kondisi pasar.

Salah satu permasalah yang ada di pasar tradisional ini dan telah dikeluhakn, mengenai kebersihan pasar. Belakangan ini, pedagang pasar termasuk masyarakat pengunjung, dibuat terganggu, oleh bau busuk yang bersumber dari genangan air di salah satu drainase yang ada di dalam pasar, tepat di sekitar los penjualan ikan.

Genangan air di drainase itu, biasanya meluap apalagi terjadi hujan deras. Kalau sudah meluap, airnya menyebar kemana mana bahkan menimbulkan becek dan berbau. Penyebabnya karena drainase yang ada tersebut kini tidak berfungsi normal alias buntu. Salah satu permasalahan itulah yang ditinjau Wakil Bupati Donggala.

Melihat permasalahan tersebut, Wabup langsung merespon dan memerintah kepada intansi terkait, agar segera mengatasi permasalahan yang ditimbulkan akibat drainase buntu itu. “Ini harus segera ditangani, biar tidak menggangu aktivitas masyarakat di pasar ini,” ungkap Wakil Bupati Donggala saat itu.

Respon yang ditunjukan Wakil Bupati Donggala tersebut tidak lain adalah sebuah kepedulian dan perhatian terhadap lingkungan serta kebersihan di pasar tradisional, yang baru berumur sekitar 4 tahun itu.  Apalagi pasangan Bupati Donggala Drs Kasman Lassa Sh ini, adalah sosok wanita yang peduli terhadap lingkungan. “Karena jika hanya di biarkan, ini akan mempengaruhi pengunjung untuk datang ke pasar,” sebutnya lagi.

Tidak hanya itu, pasar tradisional yang ada di Kelurahan Ganti itu, merupakan salah satu poin penting bagi daerah Kabupaten Donggala. Khususnya Pemerintah Kabupaten Donggala, ketika memasuki penilaian penghargaan adipura. Karena pasar merupakan salah satu objek yang selalu dinilai.

Olehnya yang menjadi harapan juga dari Wakil Bupati Donggala itu, adalah peran serta masyarakat khususnya warga pasar dan pedagang, agar bagaimana selalu menjaga kebersihan pasar. Dengan selalu melakukan hal kecil tapi makna dan manfaatnya besar, yakni membuang sampah selalu pada tempatnya.