Berita

Pembukaan Porseni Tkt. Kab. Donggala Tahun 2015

olahraga PGRI  Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) dalam rangka merayakan HUT Ke-70 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tingkat Kabupaten Donggala 2015 berlangsung meriah di Kecamatan Labuan.

Acara dimulai dengan defile kontingen dari 16 kecamatan, yang diiringi drum band  oleh pelajar di Labuan, kemudian Kecamatan Banawa sebagai kontingen pertama melintas dipanggung kehormatan yang selanjutnya diikuti kecamatan lain dengan mengitari lapangan sepak bola Labuan.

Ketua PGRI Kabupaten Donggala, Supriadi dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa Porseni ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT PGRI yang puncaknya jatuh pada 25 Nopember mendatang.

“Selain Porseni, kami juga melaksanakan lomba bakar ikan sebagai bagian dari turut menyukseskan program pemerintah yang mengajak masyarakat agar gemar makan ikan,” ujarnya pada acara pembukaan pada Sabtu (21/11/2015) ditengah terik matahari yang panas.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Rustam Efendi mengatakan bahwa pada puncak HUT PGRI nanti, akan dicanangkan program strategis bernama Ngapaku Kanamavali atau Desa Cerdas untuk Indonesia Cerdas. Desa Cerdas ini didesain untuk mengimplementasikan sejumlah kegiatan yang ada dalam program Donggala Kanamavali.

“Dengan pemikiran sederhana, jika seluruh desa telah menjalankan program Donggala Kanamavali, maka secara umum program Donggala Kanamavali akan terwujud di Kabupaten Donggala,” tandasnya.

Pembukaan Porseni yang dihadiri dua Wakil Ketua DPRD Kabupaten (Dekab) Donggala, Andi Sofyan Yotolembah dan Abd. Rasyid itu, juga mendengarkan sambutan Bupati Donggala, Kasman Lassa.

Bertitik tolak dari peran strategis guru dan PGRI dalam memajukan bangsa dan negara, maka memeriahkan hari guru dan hari lahirnya PGRI,merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi positif. Olehnya selaku pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PGRI Kabupaten Donggala yang telah bekerja keras untuk memerihakna Hari Guru dan HUT PGRI melalui kegiatan Porseni.

Kata bupati, Porseni yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Donggala itu, merupakan sarana hiburan bagi peserta dan masyarakat, terutama masyarakat Labuan yang menjadi tempat penyelenggaraan Porseni.

Disamping itu, Porseni juga dapat dijadikan ajang mengaktualisasikan bakat dan minat yang dimiliki oleh para guru. Sehingga suatu ketika akan muncul olahragawan atau artis tingkat nasional yang beradak dari guru.

Turut hadir Sekkab Donggala, Aidil Nur dan pejabat Forkopimda Kabupaten Donggala serta beberapa anggota Dekab Donggala yang mengikuti jalannya serangkaian acara hingga pada lomba bakar ikan di pantai Labuan.

;roit.humasdgl