Rabu, Februari 19, 2020
Home > Tak Berkategori > Lomba Memasak Ikan Bakar dalam rangka HUT PGRI Tahun 2015

Lomba Memasak Ikan Bakar dalam rangka HUT PGRI Tahun 2015

bakar ikan pgri Usai melaksanakan seremoni pembukaan Porseni, seluruh peserta dan para undangan diarahkan ke pantai Labuan untuk menyaksikan lomba bakar ikan yang diikuti 16 kecamatan. Setiap kecamatan ada yang turun bakar ikan per sekolah (SD, SMP dan SMA) bergabung dalam UPTD kecamatan.

Hanya tiga kecamatan yang membakar ikan dengan cara serentak dan memajang, yaitu: Kecamatan Sindue Tombusabora, Kecamatan Balaesang dan Kecamatan Banawa Selatan.

Ketiga kecamatan tersebut, membakar ikan yang ditata berbaris satu saf. Kecamatan Sindue Tombusabora terbilang unik cara membakar ikannya, yaitu diatas bilah bambu yang dibelah dua. Dalam bambu tersebut dimasukkan arang yang menyala, mematangkan ikan berbagai jenis ikan berukuran kecil. Hal berbeda dilakukan oleh Kecamatan Balaesang yang membakar ikan memanjang menggunakan besi sebagai tempat membakar ikan yang dibuat sedemikian rupa, sehingga terlihat rapi.

Sementara Kecamatan Banawa Selatan juga membakar ikan dengan cara berbaris satu saf, namun alat yang digunakan lebih alamai, yaitu dari pelepah kelapa yang ditata hingga bisa membakar ratusan ikan diatasnya.

“Sebagian kecamatan keliatannya belum memahami teknik membakar ikan yang diharapkan panitia. Harusnya seluruh peserta membakar ikan seperti yang dilakukan oleh tiga kecamatan itu,” ujar Kepala Disdik Donggala, Rustam Efendi disela kegiatan bakar ikan.

;roitHumasdgl