Tak Berkategori

Perjuangan Pemda kab. Donggala untuk menghidupkan kembali Pelabuhan Donggala

Pelabuhan

Bertempat di Mesjid Raya Kota Donggala belum lama ini, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH, telah memperlihatkan isi Surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia yang ditujukan kepada Pemkab kab. Donggala.

Isi surat itu menjelaskan tentang penataan wilayah kerja kantor unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) serta kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Direktorat Jenderal Perhubungan yang ditangani oleh Menpan Prof. Dr. H. Yuddi Chrisnandi ME.

Surat yang diperlihatkan Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa. SH tersebut menjadi gambaran perjuangan Pemkab Donggala selama ini dalam mengembalikan kejayaan pelabuhan Donggala seperti dulu kala. Surat itu juga menjadi kabar gembira bagi Pemkab. Dan masyarakat Donggala, bahwa tidak lama lagi pelabuhan berkelas Pelni yang selama ini berada di Kelurahan Pantoloan Kota Palu akan pindah kembali ke Kota Donggala.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH. mengatakan, setelah adanyta surat ini yang harus diselesaikan oleh Pemkab Donggala adalah pembangunan terminal penumpang di Pelabuhan Donggala. Dalam waktu dekat atau setidaknya  ditahun ini terminal tersebut akan dibangun. Anggaran pelabuhan Donggala sekitar Rp. 1,8 Milyar. “ini semua karena perjuangan Pemkab. Donggala bersama DPRD Donggala, dan itu juga dulunya dipertenyakan  oleh Pemerintah Pusat, apakah rencana itu telah melalui persetujuan Pemkab. Donggala bersama DPRD Donggala. Alhamdulillah pada tahapan tersebut anggota DPRD Kab. Donggala turut menghadiri undangan di Kementrian untuk memberikan penguatan,” ungkap Bupati Donggala.

Bupati Donggala juga mengakui tahapan perjuangan Pemkab. Donggala mengembalikan pelabuhan Donggala itu ada beberapa langkah. Semua tahapan itu dikaji bahkan berlangsung di Pemerintah Pusat tepatnya di Kemenpan. Saya Bupati donggala, jika tidak ada rekomendasi dari Kemenpan, Kementrian Perhubungan juga akan kesulitan dalam menajamkan perjuangan itu, “alhamdulillah saat ini kita akan menyelesaikan pembangunan terminal perencanaannya sudah selesai, tinggal eksen pekerjaan”, tandasnya.