Berita

Penyerahan Kendaraan Operasional Roda Dua Kepada Pendamping PKH Tahun 2015

kendaraanDalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengembangan sistem jaminan sosial, mulai tahun 2007 Pemerintah Indonesia melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuan utama PKH adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama bidang pendidikan dan kesehatan pada kelompok Keluarga Sangat Miskin (KSM). Demikian sambutan Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH ketika menerima  apel pagi yang dirangkaikan dengan penyerahan kendaraan operasional roda dua, tanggal 29 juni 2015.
Dikatakannya program keluarga harapan adalah program pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajiban, kewajiban kesehatan berkaitan dengan pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemeriksaan kesehatan, pemberian asupan gizi dan imunisasi anak balita. “Sedangkan untuk kewajiban pendidikan wajib terdaftar disatuan pendidikan setara SD/SMP/SMU dan hadir disekolah minimal 85% per bulan dari hari efektif”. Tambahnya.
Lanjut disampaikannya pada awal tahun 2015 sampai saat ini telah dilakukan proses penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan kepada Keluarga Sangat Miskin di 15 Kecamatan se Kabupaten Donggala dengan total bantuan 24.959.538.750 , dan proses penyaluran bantuan tahap dua 2015 akan disalurkan oleh tenaga pendamping Kecamatan sebesar 5.732.876.250 pada bulan agustus. Pemerintah Daerah menyadari beban berat yang saudara hadapi dalam upaya memberikan pendampingan secara prima kepada Keluarga Sangat Miskin.
“Begitu luasnya wilayah kerja yang harus dilayani, sementara disisi lain kondisi keluarga sangat miskin yang menjadi fokus dampingan PKH sangat berjauhan, menjadi penting artinya untuk menyediakan kendaraan operasional roda dua bagi pendamping PKH untuk menjangkau wilayah kerja yang dimaksud”. Jelasnya
Dalam menyikapi keterbatasan tersebut sambungnya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial tahun 2015 memberikan bantuan kendaraan operasional roda dua kepada pendamping PKH disetiap Kecamatan sebanyak 16 kendaraan Roda Dua sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam menanggulangi kemiskinan serta upaya serius dalam menyukseskan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Donggala.