Berita

Bupati Donggala: Pramuka Harus Ciptakan Generasi Handal

Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Donggala, Kasman Lassa membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Tingkat Cabang Donggala tahun 2015, bertempat di Desa Sipi, Kecamatan Sirenja. Pelaksanaan kegiatan itu mulai dari tanggal 16-19 April 2015, dengan mengambil tema “Pengembangan Bakat Anggota Pramuka Dengan Bakti Berwawasan”.

Kasman Lassa dalam sambutannya mengatakan, bertepatan dengan pembukaan perkemahan wirakarya tingkat kwartir Cabang Donggala kali ini, dia berharap, gerakan pramuka di Kabupaten Donggala yang dimulai dari kwarcab hingga gugus depan menjadi gerakan yang mampu menciptakan generasi handal dan kokoh.

Dia juga menghimbau kepada seluruh kepala sekolah selaku ketua majelis pembimbing gugus depan yang ada di Kabupaten Donggala, kiranya dapat lebih aktif mengembangkan kegiatan kepramukaan. Salah satunya adalah dengan mengenakan pakaian seragam pramuka lengkap bagi siswanya dan pembina Pramukanya.

Dikatakannya pula, hasil nyata upaya revitalisasi gerakan pramuka yang telah dilaksanakan sejak 8 tahun terakhir. Diantaranya mulai tahun ajaran baru 2014/2015 pramuka sudah menjadi bagian pendidikan wajib disekolah.

“Ini membuktikan, gerakan Pramuka memegang peranan penting menciptakan generasi berkualitas. Termasuk dalam hal membantu orang tua meningkatkan pengawasan untuk menghindarkan dari tindakan menyimpang, Pramuka adalah wahana yang tepat untuk menumbuhkan semangat pemuda berkarakter,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, sasaran PW adalah agar para pramuka penegak dan pandega setelah mengikuti kegiatan memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan yang sangat berguna untuk mengabdi kepada masyarakat, negara dan bangsa.

Tujuan dari Perkemahan Wirakarya itu sendiri, adalah untuk membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan pramuka penegak dan pendega melalui kegiatan-kegiatan nyata yang hasilnya beguna bagi masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Donggala Moh Yasin, Dandim 1306 Donggala Letkol Kav I gede Masa S.I.P, Ketua kwartir cabang gerakan pramuka Donggala, Namrud Mado, serta beberapa Pimpinan SKPD dijajaran Pemda Donggala, serta seluruh peserta perkemahan wirakarya.